Kesalahan UMUM Digital Marketing dan solusinya
Kesalahan UMUM Digital Marketing dan solusinya
Dengan
bertambahnya tren bisnis online di tanah air l membuat kita
semua mau tidak mau harus bisa adaptif dan mengikuti perkembangan zaman.
Merambahnya bisnis ke online dan juga interaksi di dunia digital dengan para
konsumen membuat semua pebisnis dituntut untuk melakukan bisnis secara
online. Maka dari itu penting banget untuk mempelajari digital marketing.
Digital marketing pun nggak cukup nih kalau hanya mengandalkan
website dan sosial media untuk bisnis di dunia online tanpa mengoptimalkannya
secara lanjut. Hal ini nggak bakalan mendongkrak sales dan brand awareness nantinya.
Kalau
berpikir bahwa digital marketing itu susah, jawabannya nggak kok. Sama aja
kayak bisnis konvensional. Website dan sosial media ini cuma etalase saja untuk
menata produk-produk kamu. Soal urusan penjualan dan suksesnya bisnis balik
lagi bagaimana cara kamu memasarkan produk kamu, nih. Terutama sekarang, marketing atau pemasaran sudah dilakukan secara
online. Mungkin buat yang baru di dunia pemasaran online atau biasa lebih kita
kenal dengan digital marketing akan bingung apa aja sih yang harus dilakukan
dan juga apa yang sebaiknya jangan dilakukan.
Kesalahan-kesalahan ini secara nggak langsung bisa mengganggu
tujuan dan kesuksesan bisnis loh. Kesalahan marketing online ini sangat
menghalangi kamu untuk melakukan penjualan dan terhubung dengan target pasar,
lho.
Berikut adalah daftar kesalahan umum digital marketing yang
harus sebaiknya kamu hindari. Langsung aja yuk simak di bawah ini!
Tidak Memahami Target Audience
Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi dan sangat fatal adalah
tidak memahami target audience bisnis sendiri. Perlu diingat
ya, produk yang kamu jual nggak selalu bisa diterima dalam berbagai kalangan.
Banyak perusahaan yang selalu mencoba menargetkan audiens yang terlalu
luas. Mereka ingin menjangkau lebih banyak orang, jadi mereka mencoba
menargetkan siapa saja dan semua orang, tetapi akhirnya putus asa ketika banyak
orang tidak membeli produk atau menggunakan layanan mereka karena memang nggak
cocok dengan buying behavior mereka.
Tips : Alih-alih mencoba menjual
produk dan layanan kamu ke orang secara acak, lebih baik kamu fokus pada
sekelompok orang tertentu yang benar-benar membutuhkan produk kamu. Ini yang
kamu sebut target audiens bisnis kamu.
Mempelajari target pasar ini adalah salah satu strategi terpenting bagi
kamu untuk menghasilkan banyak keuntungan yang nggak cuma penjualan aja!
Pastikan bisnismu ataupun tim research and development kamu
benar-benar paham dalam meneliti target audiens bisnis ya! Seperti
demografinya, umurnya, preferensinya. Untuk memahami target audiens, kamu
bisa mempelajari juga perilaku konsumen (consumer behavior) agar
lebih memahami audiens yang ingin dituju.
Kalau kamu nggak mengenal target audiens kamu dengan jelas dan
menargetkan kepada orang secara luas, maka dipastikan kampanye pemasaran yang
nantinya digunakan nggak berhasil dengan sempurna dan bahkan gagal sampai
membuat bisnis rugi lho. Makanya, pikir ulang apa saja faktor-faktor untuk
membidik sasaran dengan tepat.
Tidak Menggunakan Sosial Media Secara Efektif
Nah, masih berhubungan sama poin pertama diatas, kalau kamu udah
menemukan target audiens kamu maka fokuslah kepada mereka. Hal ini berupaya
untuk menghindari membuang waktu. Kebanyakan pebisnis baru yang menggunakan
sosial media nggak cukup kompeten dan kurang aktif dalam mengoptimalkan
menggunakan sosial media. Hanya memposting konten dan produk nggak bakalan
cukup membuat bisnis kamu sukses di sosial media. Padahal sosial media menjadi platform efektif untuk
memasarkan secara online lho.
Baca Juga 7 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis
Online
Tips : Cari tahu nih sosial media mana
yang banyak digunakan sama target audiens kamu. Lalu gunakan sosial media ini
secara sering dan fokus untuk promosikan produk kamu secara optimal. Pastiin
juga ya bisnis kamu punya strategi marketing sosial media yang
solid untuk membangun otoritas merek kamu.
Misalnya, jika target audiensmu berusia remaja, kamu bisa
menggunakan TikTok sebagai strategi marketing. Jika
targetmu adalah dewasa, kamu bisa menggunakan Facebook atau Instagram,
Tidak Mempunyai Website atau Tidak Mempromosikan Websitenya
Nah, salah satu kesalahan yang sering terjadi juga adalah
kurangnya effort untuk mempromosikan website. Atau malah belum
punya website? It’s a big no!
Orang nggak bakalan tahu tentang bisnismu atau produk yang kamu tawarkan
bila belum punya website. Dan kalau kamu nggak promosiin, orang pun enggan
datang ke web karena bisa aja mereka mikir kamu nggak punya website. Sayang
banget kalau begitu.
Coba bayangin kalau kamu nggak mempromosikan web kamu, nggak mungkin
ada traffic ke website kamu dan nggak bakalan ada prospek
penjualan.
Tips : Mulai untuk memiliki website
sendiri karena website berperan penting untuk bisnis online lho.
Kalau belum punya, kamu bisa menggunakan layanan dari Exabytes untuk membuat website lho.
Dan rajinlah untuk mempromosikan website kamu karena ini bisa
meningkatkan ranking website lho. Dengan website, kamu dapat menjangkau
pelanggan baru serta meningkatkan brand awareness terhadap
brand kamu.
Banyak cara untuk mempromosikan website kamu yakni salah satunya bisa
menggunakan sosial media atau Google Adsense lho.
Tidak Merencanakan Tujuan Marketing
Ini adalah salah satu dari beribu alasan kenapa digital
marketing kamu nggak berhasil. Padahal udah berusaha memasarkan secara
efektif dan besar-besaran tapi kok rasanya nggak mencapai apapun ya? Yep! Itu
karena kamu nggak jelas merencanakan long term dan short
term goals yang realistis nih, teman-teman Exabytes!
Kamu nggak akan merasa achieve something karena kamu
nggak punya tujuan dari brand kamu sendiri. Sasaran yang sifatnya nggak
realistis juga nggak berguna karena kamu nggak bakalan mencapainya. Jadi, nggak
peduli cara dan strategi pemasaran apa yang kamu sudah gunakan dan akan kamu
gunakan kalau kamu aja nggak jelas goalsnya apa.
Tips : penting banget untuk membuat
strategi marketing terutama kamu ingin memulai memasarkan secara digital. Buatlah
catatan tentang apa yang bisnis kamu sasar dan goals dari
strategimu. Dengan menetapkan ekspektasi yang tepat memudahkan kamu nih untuk
fokus pada strategimu.
Ada beberapa contoh tujuan digital marketing contohnya seperti
meningkatkan penjualan dan pendapatan, meningkatkan lalu lintas (traffic)
web, meningkatkan brand awareness bisnismu secara online dan
masih banyak lagi Kamu bisa gunakan contoh ini sebagai tujuan dari bisnis kamu
nih.
Desain Website Tidak Menarik
Salah satu kesalahan digital marketing paling umum yang
dilakukan perusahaan adalah mengabaikan website. Percuma kamu sudah ada website
dan udah promosi tapi website kamu nggak optimal, loading page lama,
nggak informatif dan tentunya nggak menarik.
Kata menarik disini bukan berarti kamu harus desain sebagus mungkin.
Tapi lebih ke arah gimana caranya membuat website kamu menarik banyak orang
agar betah berlama-lama di website kamu. Kalau website kamu nggak optimal dan
tidak memberikan pengalaman positif ke pengguna atau calon pembeli, bisnis kamu
udah mundur selangkah alias tertinggal dari pesaing, nih. Nggak mau dong kalau
begini?
Tips : Coba kamu rubah atau rombak kembali desain
websitemu. Sebaiknya buat website yang minimalis tetapi tetap informatif dengan
deskripsi dan foto produk bisnismu. Maksimalkan fitur dan pastikan button di
websitemu berfungsi dan diarahkan ke halaman yang tepat. Selain itu, pastikan
juga website kamu device-friendly yang berarti bisa diakses dengan mudah dan enak dilihat
di perangkat apapun seperti di handphone dan tablet.
Mengabaikan
Penggunaan SEO
SEO atau Search Engine Optimization ini adalah cara calon
pelanggan menemukan bisnis kamu di search engine.
Salah satu kesalahan marketing terbesar yang dilakukan perusahaan adalah
mengabaikan penggunaan SEO. Padahal hal ini krusial sekali.
Kalau perusahaan kamu belum memasukkan SEO ke dalam strategi marketing digital,
orang tidak akan menemukan web kamu di hasil penelusuran. Jadi say goodbye terhadap prospek, peluang dan goals-goals lainnya yang ingin kamu capai dalam
bisnis kamu. Wah, kacau kan padahal cuma karena satu hal?
Selain itu, kalau berbicara tentang kesalahan lainnya dalam SEO,
banyak perusahaan yang nggak sabaran dan malah melakukan kesalahan dengan nggak
memberikan cukup waktu agar SEO bisa berkembang. Padahal, SEO juga butuh waktu
buat berkembang, jadi kamu harus tetap bersabar, ya.
Tips :
Optimalkan penggunaan SEO untuk websitemu. Jika kamu masih
pemula sebaiknya pelajari SEO mulai sekarang. Tidak ada
kata terlambat untuk belajar kok. Dan kunci lainnya adalah bersabar. Biarkan
SEO kamu berkembang dan lambat laun akan menaikkan organic traffic
websitemu.
Menggunakan Terlalu
Banyak Strategi
Sesuai
dengan namanya, kesalahan lainnya adalah pengambilan dan implementasi strategi
yang terlalu banyak. Padahal, cara ini nggak akan memberikan hasil terbaik
karena more bukan berarti selalu better ya, gengs.
Hal ini lagi-lagi bisa membuang waktumu dan effort yang kamu
kerjakan. Bisa jadi strategimu ini tidak membuahkan hasil.
Tips :
Jangan selalu berpatok pada more =
better ya teman-teman, tetap evaluasi lagi strategi mana yang
cocok untuk target market bisnis
kamu.
Balik lagi seperti yang ditunjuk diatas, semua strategi
pemasaran kembali lagi pada pertanyaan “apa sih
tujuan dari pemasaran kamu?” , “apa yang perusahaan kamu ingin capai?”.
Menggunakan hanya dua strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan brand kamu
bakalan lebih sukses dibandingkan menggunakan puluhan strategi tapi nggak jelas
apa tujuannya.
Hanya Berfokus Pada
Fitur
Orang
nggak peduli dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan, tapi mereka peduli
tentang bagaimana produk dan jasa bisnis kamu dapat membuat hidup mereka lebih
baik dan menyelesaikan masalah mereka. Berhenti dan stop cuma fokus
membicarakan fitur produk aja ya, teman-teman Exabytes.
Tips :
Dalam strategi digital marketing kamu, gambarkan bagaimana produk kamu bisa
mengubah pelanggan dan membantu mereka. Hindari tentang keunggulan atau fitur
saja.
Pembeli nggak cuma membeli produk atau layanan; mereka membeli
transformasi. Sebagian besar bisnis yang gagal dikarenakan mereka hanya fokus
dengan fitur unggulan saja saat memulai atau saat memasuki pasar baru. Padahal
produk atau jasa bukan hanya soal itu tetapi bisa menjawab, memenuhi kebutuhan
dan memberikan solusi kepada si calon pembeli.
So, guys perlu
dicatat ya, jelaskan lebih detail mengenai fitur produk dan juga apa yang bisa
mereka dapatkan dari fitur produk ini. Entah efisiensi maupun hal lainnya.
Human make mistakes
sometimes, belajar dari pengalaman adalah hal yang paling efektif dan
cepat untuk paham apa strategi digital marketing yang sekiranya cocok dan nggak
buat bisnis kamu terutama untuk kamu yang baru masuk ke dalam dunia pemasaran
digital. Manusia itu nggak bakalan luput dari membuat kesalahan, tapi tentu
harus belajar dari kesalahan tersebut dan perbaiki kesalahan tersebut.
Terlalu Hati-hati, Masih Ragu & Tidak Yakin
Setiap hari
kita disuguhkan informasi banyaknya bisnis online yang sukses. Dan banyak
perusahaan yang ber-bondong ingin mencoba nikmatnya bisnis online. Tapi pas
ditanya berapa budget promosi yang disediakan, mereka jawab "Bisa coba Rp
1 juta dulu?" - ZONK! "Loh tapi bisnis kan harus hati-hati!" -
Benar, sangat setuju. Tapi bila untuk mencoba bisnis digital/online budget yang
disediakan sangat terbatas, maka dampak hasilnya tidak akan terasa. "Tapi
kalau gagal gimana?" Silakan baca artikel ini berulang-ulang hingga
meresap ke tulang sumsum, maka anda akan tahu cara menghindari kegagalan